banner image Assalamualaikum...Wr, Wb... Selamat datang di Website rickiaprialdi.com Media Berbagi Informasi... Admin sangat berharap dukungan dari Bapak/Ibu guru, siswa dan siswi sekalian dengan cara mengklik tombol IKUTI pada kolom pengikut dan jangan lupa Like, Comment and Subscribe di setiap vidio pembelajaran pada Channel Youtube Ricki Aprialdi semoga bisa selalu memberikan manfaat kepada banyak orang

Cara melakukan Perbaikan Setrika Listrik


BELAJAR MEMPERBAIKI SETRIKA LISTRIK 

DAN MENGENAL
 KOMPONEN DALAM SETRIKA

Biasanya selama ini jika kita mengalami kerusakan pada setrika listrik kita langsung membawa ke tukang service dan kadang kala kita langsung mengganti dengan setrika baru 
kali ini saya akan membagikan trik bagaimana cara memperbaiki strika dengan mudah. 

Setrika adalah Sebuah alat elektronika yang berfungsi sebagai alat untuk merapikan pakaian agar terlihat rapi atau tidak kusut. Setrika bekerja mengubah energi listrik menjadi energi panas. 
Setrika ini ada 2 jenis : 

1. Setrika Listrik Manual 

    Setrika yang tidak secara otomatis pengaturan panasnya. apabila suhu setrika sudah mencapai suhu yang diinginkan maka kita harus mencabut cok atau steker pada arus PLN , nah hal ini sangat merepotkan, dan kita harus lebih hati - hati dalam menggunakannya. Bisa saja karna terlalu panas dan kita lupa untuk mencabut cok stekernya maka pakaian akan gosong atau terbakar .

2. Setrika Listrik otomatis 

    Setrika model ini sekarang banyak dipasaran dengan berbagai macam merk dan harga yang berpariasi. setrika listrik otomatis ini lebih mudah digunakan dan lebih aman dalam pengaturan suhunya sehingga kita tidak direpotkan dalam penggunaannya, 


Laporan Setrika Otomatis


Komponen pada Setrika Listrik 

1.     Steker 
2.     Kabel 
3.     Coper / Penutup
4.     Logam atau alas pemanas 
5.     Pengatur panas
6.     Lampu indikator
7.     Resistor 
8.     Bimetal /Thermostat
9.     Fuse 
10.   Platina
11.   Elemen Pemanas 

>Cara Memperbaiki Setrika 

1. Kerusakan yang sering terjadi pada bagian seteker dan kabel listrik ini adalah putus atau terbakar. cara memperbaikinya sebaiknya diganti baru kabel dan steker komplit ada dijual dipasaran. cara melihat kerusakannya bisa dilihat kondisi kabel hangus atau terbakar dilihat dari fisiknya dan juga bisa menggunakan multitester untuk mengecek kondisi kabel bagian dalamnya untuk memastikan terhubung atau tidak. 



2. Kerusakan pada bagian coper dan logam alas pemanas jarang ditemukan, jika ada ditemukan biasanya kemungkinan kerusakan disebabkan karena terbakar akibat suhu yang terlalu panas karna otomatis thermostat tidak bejerja atau rusak.  

3. Kerusakan yang terjadi apabila kurang panas atau terlalu panas maka cukup di atur ulang sekrup pengaturan suhu dengan menggunakan obeng kecil dengan cara di putar ke kanan atau kekiri seuai suhu panas yang kita inginkan.




4. Kerusakan yang terjadi adalah mati total atau tidak hidup bisa disebabkan bagian platina berkarat maka cara mengatasinya dengan membersihkan bagian platina dengan kertas pasir atau dengan obeng pipih di bersihkan bagian yang berkarat akibat panas sehingga terjadi korosi.

5. Kerusakan mati total atau tidak panas sama sekali juga bisa di akibatkan oleh elemen pemanas yang putus atau terbakar bisa dicek dengan menggunakan multitester pada posisi ohm dengan swich putar di x1 atau x10 ohm dan kedua jack hitam dan merah dihubungkan ke  kaki elemen pemanas jika bagus jarum penunjuk pada multitester begerak jika putus maka jarum penunjuk tidak bergerak

6. Kerusakan mati total atau tidak panas sama sekali juga bisa di akibatkan oleh Fuse yang putus atau terbakar bisa dicek dengan menggunakan multitester pada posisi ohm dengan swich putar di x1 atau x10 ohm dan kedua jack hitam dan merah dihubungkan ke  kaki fuse jika bagus jarum penunjuk pada multitester begerak jika putus maka jarum penunjuk tidak bergerak. 


Demikian cara memperbaiki setrika listrik semoga bermanfat dan bisa membantu bagi anda untuk mencoba memperbaiki setrika listrik sendiri dirumah tanpa membawanya ketempat tukang service...jika ada kendala bisa ditanyakan langsung atau bisa melalui kotak comment dibawah ini.  

terima kasih sudah berkunjung .... 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.