banner image Assalamualaikum...Wr, Wb... Selamat datang di Website rickiaprialdi.com Media Berbagi Informasi... Admin sangat berharap dukungan dari Bapak/Ibu guru, siswa dan siswi sekalian dengan cara mengklik tombol IKUTI pada kolom pengikut dan jangan lupa Like, Comment and Subscribe di setiap vidio pembelajaran pada Channel Youtube Ricki Aprialdi semoga bisa selalu memberikan manfaat kepada banyak orang

Hukum Kekekalan Energi Sangat Berperan dalam Kehidupan Kita



       Alam Semesta ini adalah sebuah sistem yang dibuat oleh Tuhan yang maha Esa untuk mengakomodir setiap kehidupan yang ada di dalamnya, termasuk manusia. Hukum alam semesta merupakan hukum dasar yang melandasi segenap peristiwa yang terjadi. Dasar dari segala peristiwa ini coba dijelaskan baik dari sudut pandang agama / religion / spiritual dan science / ilmu pengetahuan.


     Manusia dengan alam, termasuk manusia dengan manusia lain atau makhluk lain, sebenarnya terhubung dengan erat, karena saling terjadi perambatan energi (gelombang) antara manusia dengan alam. Dan dengan makhluk lainnya dengan demikian setiap energi yang dikeluarkan manusia akan berdampak pada alam dan makhluk lainnya.

    Jumlah energi di alam semesta menurut Hukum Kekekalan Energi bersifat tetap. Ia tidak akan diciptakan lagi dan tidak akan pernah hilang. Artinya, energi di alam semesta jumlahnya sama. Sejak awal penciptaan hingga kemusnahannya nanti. Ia hanya berubah bentuknya.

    Tuhan menciptakan alam semesta secara sempurna dan tidak mungkin melakukan tambal sulam. Semuanya telah disiapkan secara lengkap, termasuk besaran energi di dalamnya. Walaupun jumlahnya selalu tetap, energi dapat berubah bentuk.

    Dalam proses-proses alam, terkadang air berubah menjadi uap. Kayu berubah menjadi bara api. Uranium menjadi bom. Listrik menjadi tenaga gerak dan lain sebagainya. Ketika beraktifitas sehari-hari, kita juga mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

  Gerakan tangan menjadi sebuah tulisan. Berolahraga menghasilkan badan sehat. Menuntut ilmu menghasilkan luasnya wawasan. Senyuman menghasilkan rasa cinta. Energi amarah menghasilkan rasa takut. Kunjungan ke rumah seseorang menghasilkan keakraban dan lain sebagainya. Yang pasti, bagaimanapun berubahnya, jumlah energi pasti selalu tetap. Tidak ada energi yang hilang dan tidak ada yang ditambahkan.

    Setiap hari kita mengeluarkan energi; ketika kita bekerja, menjamu tetangga, maupun ketika mengajar anak-anak tentang kesalehan. Semua tidak akan sia-sia, karena energi itu tidak hilang. Energi itu akan menghasilkan energi dalam bentuk lain yang dapat kita rasakan.

    Berdasarkan Hukum Kekekalan Energi, nilai energi yang kembali, pasti sama dengan nilai energi yang dikeluarkan. Energi yang kita keluarkan ini tersimpan di alam.

    Ternyata energi di dunia ini ada dua kategori. Yaitu energi positif dan energi negatif. Bila kita melakukan aktivitas positif, maka itu adalah energi positif. Sebaliknya bila kita melakukan perbuatan negatif, maka itu adalah energi negatif. Bila Anda mengeluarkan energi sebesar 10, maka Anda pasti akan mendapatkan balasan senilai 10. Jadi ini sesuai dengan

    Hukum Newton 3 yaitu hukum sebab akibat yang berbunyi sebagai berikut: ”Apabila sebuah benda pertama mengerjakan sebuah gaya pada benda kedua, maka benda kedua akan memberikan gaya dengan besar yang sama kepada benda pertama, namun dengan arah yang berlawanan.”
    Hukum kekekalan energi dan semua agama menjelaskan bahwa apapun yang kita lakukan pasti akan dibalas sempurna kepada kita. (Hukum Newton 3 atau hukum sebab akibat).
    Apabila kita melakukan energi positif atau kebaikan, maka kita akan mendapat balasan berupa kebaikan pula. Begitu pula bila kita melakukan energi negatif atau keburukan, maka kita pun akan mendapat balasan berupa keburukan pula.


BAGI YANG INGIN SUPPORT ATAU MENDUKUNG PENGEMBANGAN WEBSITE INI KLIK 
logo support dibawah ini     

Baca Juga Materi berikut ini 



  MODUL AJAR IPAS SMK

  PROGRAM TAHUNAN DAN SEMESTER IPAS SMK


    PERANGKAT AJAR TERBARU DAN LENGKAP KLIK  

👉  DOWNLOAD


💢 Semester Ganjil

 1. Makhluk Hidup dan Lingkungannya         

       Klik  👉  VIDIO 

 2. Zat dan Perubahannya        

       Klik  ðŸ‘‰  VIDIO 

 3. Usaha, Energi dan Daya 

      Klik 👉   VIDIO  

 4. Pengertian Arus Listrik 

      Klik 👉   VIDIO

 5. Bumi dan Antariksa

💢 Semester Genap

 6. Konektivitas Antar Ruang        

       Klik  ðŸ‘‰  VIDIO

 7. Pengaruh Letak Geografis terhadap sosial dan budaya   

       Klik  ðŸ‘‰  VIDIO

 8. Interaksi Sosial dan Sosialisasi   

       Klik  ðŸ‘‰  VIDIO

 9. Institusi Sosial dan Dinamika Sosial    

       Klik  ðŸ‘‰  VIDIO 1 & VIDIO 2

 10. Perilaku Ekonomi dan Kesejahteraan

        Klik  ðŸ‘‰  VIDIO

Terima Kasih Atas dukungannya Bapak dan Ibu 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.